legalisasi penguasa dalam pandangan islam

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

ahad lalu, rencananya hendak streaming kajian ust afif di bismillah.us (sekarang kajian kemarin sudah bisa di download di sini) sekaligus hendak mencoba aplikasi screamer radio, siap merekam. qadarulloh, tiba-tiba ust afif diam beberapa detik, lalu bersuara lagi beberapa detik dan diam lagi beberapa detik. mengapa? koneksi internet saya buruk (paket unlimited 3bulan seharga 100.000 benar-benar setimpal dengan kekuatan koneksinya). padahal sepertinya penjelasan ustadz afif seru sekali. akan tetapi, jika hanya mendengar sepotong-sepotong tentu tidak baik, karena dampaknya pemahamannya juga sepotong-sepotong… (nahh looh, bahayaa…). lebih baik, tidak saja.

akhirnya, saya memutuskan mendengarkan rekaman kajian yang sudah saya download namun belum sempat saya dengarkan.

ini adalah rekaman pilihan saya

http://statics.ilmoe.com/kajian/users/bismillah.us/Dauroh/20120916-Ustadz-Muhammad-Afifuddin-Legalisasi-Penguasa-dalam-Pandangan-Islam/20120916-Ustadz-Muhammad-Afifuddin-Legalisasi-Penguasa-dalam-Pandangan-Islam.mp3

dan berikut untuk sesi tanya jawabnya

http://statics.ilmoe.com/kajian/users/bismillah.us/Dauroh/20120916-Ustadz-Muhammad-Afifuddin-Legalisasi-Penguasa-dalam-Pandangan-Islam/20120916-Ustadz-Muhammad-Afifuddin-Legalisasi-Penguasa-dalam-Pandangan-Islam-sesi-Tanya-Jawab.mp3

kajian tersebut kurang lebih berisi tentang

jihad tidak bisa dilakukan tanpa adanya izin dari penguasa muslim yang sah, izin dari orang tua, serta tanpa adanya kemampuan dari seseorang untuk berjihad.

jihad termasuk dalam perkara yang harus dilakukan bersama pemerintah, sebagaimana dengan haji.

izin orangtua adalah perlu dalam perkara-perkara yang bersifat fardhu kifayah, sunnah, apalagi mubah.

namun demikian, terdapat jihad yang bisa dilakukan tanpa adanya izin dari orangtua. yakni apabila ada dalam kondisi tertentu, meliputi :

-musuh (orang kafir) telah dekat, telah memasuki wilayah kita dan siap menyerang kita. maka dalam posisi ini seseorang wajib untuk maju. berjihad di jalan alloh.

-ditunjuk oleh penguasa, baik secara umum maupun secara khusus oleh penguasa untuk berjihad. misal secara umum, penguasa memerintahkan agar laki-laki yang sudah baligh ikut berjihad, maka laki-laki yang sudah baligh wajib ikut berjihad. sedangkan secara khusus, misalnya adalah penguasa memerintahkan secara langsung/menunjuk si fulan untuk berjihad.

-apabila seseorang ada di tengah-tengah orang yang sedang berjihad, maka ia wajib untuk ikut berjihad.

wallohu a’lamu…

untuk lebih lengkapnya, silahkan antum download dan antum dengarkan sendiri kajiannya.

ustadz afif adalah ustadz yang biasanya mengisi ta’lim di jojoran setiap hari jum’at di masjid abu bakr abu bakr ash shiddiq jojoran 1 surabaya. gaya penyampaian beliau yang mengalir, serta ekspresif (diketahui dari suaranya) membuat apa yang beliau sampaikan menjadi mudah dipahami.

semoga bermanfaat,

barakallohu fiykum

About ummu malikah

seorang istri, dan seorang ibu. saya berharap apa yang saya tulis bisa memberi manfaat pada para pembaca.

tiggalkan kritik dan saran antum

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s