[catatan kecil]surat kecil dari seorang saudara untuk saudara seimannya

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

untuk saudaraku,

segala puji bagi Alloh yang maha pengasih lagi penyayang kepada hambaNYA,

Amma ba’du…

segala hal di dunia ini (terkait qalbu, pemikiran, dan tingkah laku) pasti berubah, sehingga yang pasti tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Alloh ‘azza wa jalla yang maha membolak balikkan hati…
kadang jatuh, flat, dan jika Alloh menghendaki akan bangkit lagi.

apa yang merisaukanmu? apakah terlalu rumit untuk dipahami? jangan memikirkan apa yang ada di luar kapasitasmu. berpikir sewajarnya saja. engkau sedang belajar, aku juga sedang belajar, kita dan mereka sedang belajar.

tak perlu membaca sesuatu yang berat, jika itu membuat otakmu berpikir keras, dan membuatmu lelah, sebab pada akhirnya engkau akan menjadi bosan.

apa yang merisaukanmu, katakanlah pada orang baik dan benar yang ada di dekatmu, yang ada di sampingmu, di sekitarmu. agar mendapatkan solusi.

ittaqillah, bertaqwalah pada alloh, takutlah pada alloh, bersabarlah, ingatlah jika kita adalah musafir seorang yang asing, dan hidup kita di dunia PASTI hanya akan berakhir di dalam tanah dan hina membusuk di sisi cacing. hargailah hidup kita dengan harga yang mahal, tak hanya berakhir seperti itu dan kelak akan lebih dihinakan lagi oleh api neraka di akhirat. dunia ini berakhir, tapi hidup kita masih bersambung di akhirat.

hargailah hidup kita dengan harga yang mahal yang tak akan mampu dibeli oleh hawa nafsu atau syubhat. hargailah hidup kita dengan sunnah.

syubhat dan hawa nafsu itu murah dan murahan yang bisa dibeli dengan murah bahkan gratis, dengan kualitas buruk dan mengecewakan.

akan tetapi sunnah itu sungguh berharga, dan mahal. akan tetapi, apa yang kita dapat akan setimpal, kebahagian yang hakiki, apakah engkau melupakannya? bukankah engkau pernah merasakannya? ketenangan dalam hatimu, damainya jiwamu itulah kebahagiaan kita, dengan menjalankan sunnah rasul yang datang dari yang Maha menyayangi mahluq-NYA. Alloh ar-rahman, yang menyayangi kita, bahkan lebih dari diri kita sendiri.

ingatlah darimana datangnya  detak jantungmu, cahaya yang nampak di matamu, dan kata-kata yang terucap dari lisanmu. itu kasih sayangNYA padamu. ingatlah ni’matnya ketetapan hati yang pernah kau rasakan dulu, yang mungkin saat ini juga masih menyelimuti bagian-bagian di sudut-sudut hatimu, itu kasih sayangNYA. betapa sayangnya DIA padamu dan padaku, pada kita, dan pada mereka yang pernah merasakan ketenangan itu, walhamdulillah.

saudaraku, ingatkanlah aku jika aku salah, ingatkanlah aku karena aku saudaramu. ingatkanlah aku sebagaimana aku tak rela jika engkau jatuh dan terluka hatimu, sebab kita bersaudara, diikat oleh ikatan yang kuat, islam.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :

“Kamu sekalian, satu sama lain Janganlah saling mendengki, saling menipu, saling membenci, saling menjauhi dan janganlah membeli barang yang sedang ditawar orang lain. Dan jadilah kamu sekalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim itu adalah saudara bagi muslim yang lain, maka tidak boleh menzhaliminya, menelantarkannya, mendustainya dan menghinakannya. Taqwa itu ada di sini (seraya menunjuk dada beliau tiga kali). Seseorang telah dikatakan berbuat jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim haram darahnya bagi muslim yang lain, demikian juga harta dan kehormatannya.”

[HR Muslim no. 2564]

jangan tinggalkan aku dalam diam dengan kubangan kesalahanku. nasehati aku…

 “demi masa. sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Al ‘ashr 1-3)

(dari seorang saudara untuk saudara seimannya)

About ummu malikah

seorang istri, dan seorang ibu. saya berharap apa yang saya tulis bisa memberi manfaat pada para pembaca.

tiggalkan kritik dan saran antum

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s